Resep Kolak Candil Spesial


loading...
Kolak candil adalah salah satu minuman khas Indonesia yang sudah sangat populer. Perlu Anda ketahui, candil adalah bahan makanan yang dibuat dari tepung beras ketan.

Selain dari tepung beras ketan, candil juga dapat dibuat dari labu kuning dan ubi ungu atau ubi merah. Teksturnya kenyal dengan rasa tidak terlalu manis. Yang spesial, kolak candil bercitarasa manis dan sangat cocok dihidangkan sebagai menu penutup. 

Di Bulan Puasa atau Ramadhan, kuliner ini juga biasa dihidangkan sebagai menu berbuka. Makanya, kolak candil juga sering dikategorikan ke dalam hidangan takjil. Nah, pada kesempatan ini yang akan dibahas adalah resep kolak candil spesial yang dibuat dari tepung beras ketan.


Bahan untuk membuat kolak candil spesial:
1. 500 mililiter santan kental yang dibuat dari 1,5 butir kelapa. Ampasnya jangan dibuang karena dapat digunakan lagi untuk membuat santan encer.
2. Candil secukupnya, ini cara membuat candil.
3. 1,5 liter santan encer.

Pelengkap:
1. 300 gram gula pasir.
2. 3 lembar daun pandan, disimpul.
3. 0,5 sendok teh garam.


Cara membuat kolak candil spesial:
1. Rebus santan encer bersama daun pandan sampai mendidih.
2. Tuangkan santan kental dan masukkan garam dan gula pasir, masak sambil diaduk perlahan sampai larut. Selama memasak santan kental, harus diaduk perlaha supaya tekstur santan tidak pecah. Disarankan untuk menggunakan api sedang.
3. Masukkan candil, masak sambil diaduk perlahan sampai mendidih, angkat.
4. Pindah ke wadah saji, kolak candil spesial siap dihidangkan. Juga ada resep cara membuat candil dari labu kuning kenyal dan enak serta resep kolak candil labu kuning enak.

Bila menginginkan kuah yang sedikit kental, Anda dapat menambahkan larutan tepung sagu pada resep kolak candil spesial.
loading...

Subscribe to receive free email updates: