Cara Membuat Candil dari Labu Kuning Kenyal dan Enak


loading...
Candil adalah makanan tradisional yang dibuat dari adonan tepung sagu. Selain dari tepung sagu, ada juga candil yang dibuat dari tepung beras ketan (ini cara membuat candil dari tepung ketan). Tidak dari tepung ketan, kali ini candil yang akan dibahas pada kesempatan ini dibuat dari labu kuning.

Meski dari labu kuning tapi teksturnya tetap kenyal, karena pada adonannya juga menggunakan tepung sagu. Soal citarasa, ikuti saja panduan dari cara membuat candil dari labu kuning berikut ini. Pasti hasil akhirnya enak.


Bahan untuk membuat candil dari labu kuning yang kenyal dan enak:
1. 1 kilogram labu kuning, parut, peras.

labu kuning

Aneka resep tradisional berbahan labu kuning lainnya;
1.1. Resep kolak labu kuning dan pisang kepok jaminan enak.
1.2. Resep kolak labu kuning ibu jalar spesial.
2. 300 gram tepung sagu.
3. 2 liter air untuk merebus.

Pelengkap:
1. 0,25 sendok teh vanili bubuk.
2. 5 sendok makan gula pasir.
3. 1 sendok teh garam.


Cara membuat candil dari labu kuning kenyal dan enak:
1. Masukkan labu kuning parut yang sudah diperas ke dalam wadah untuk membuat adonan candil. Tambahkan tepung sagu, aduk sampai tercampur rata.
2. Tambahkan vanili, gula pasir, dan garam, aduk sampai gula larut dan tercampur rata.
3. Masak air untuk merebus adoan candil. Ambil adonan candil secukupnya, bentuk sedemikian rupa hingga bulat.
4. Setelah air mendidih (meletup-letup), masukkan adonan candil yang sudah dibentuk, rebus sampai matang (tandanya adonan candil akan mengapun bila sudah matang), angkat, tiriskan.
5. Susun di wadah, candil dari labu kuning yang kenyal dan enak siap dibuat kolak. Masih ada resep kolak candil labu kuning enak serta resep kolak labu kuning hidangan spesial untuk berbuka puasa.

Asal tahu saja, hidangan seperti ini paling enak disantap bersama aneka cemilan tradisional juga. Mau tahu referensi resepnya? Ini beberapa di antaranya;
1. Resep kroket ragout (camilan sehat).
2. Resep tahu berontok khas Wonosobo.

Adapun takaran bahan pada cara membuat candil dari labu kuning kenyal dan enak ini dapat disesuaikan selera. Sebagai patokan, perbandingan antara tepung sagu dan labu kuning adalah 1 : 3. 
loading...

Subscribe to receive free email updates: