Cara Membuat Biji Salak Bekal untuk Membuat Kolak Enak


loading...
Nama makanan ini memang biji salak. Sebab, rupanya memang mirip biji salak. Tapi, empuk dan legit, tidak keras seperti biji salak. Makanan seperti ini biasanya diolah lagi menjadi kolak.

Cara membuat biji salak tidak susah. Kalau Anda bisa membuat biji salak, pasti Anda juga bisa membuat kolak biji salak. Bahan dasarnya adalah tepung sagu.

Tapi, supaya teksturnya tidak begitu liat, sengaja ditambah dengan ubi merah. Rasanya, sedikit manis dan dapat juga disesuaikan selera.


Bahan membuat biji salak bekal untuk membuat kolak enak:
1. 250 gram ubi merah, kukus sampai matang, haluskan.
2. 100 gram tepung sagu. Selain tepung sagu, Anda juga bisa menggunakan tepung pati.
3. Ari putih secukupnya untuk merebus.

Bumbu:
1. 0,5 sendok teh garam.
2. 1 sendok makan gula pasir atau sesuai selera.


Cara membuat biji salak bekal untuk membuat kolak enak:
1. Masukkan ubi merah yang sudah dihaluskan ke dalam wadah untuk membuat adonan biji salak. Tambahkan tepung sagu, garam, dan gula pasir, diuleni sampai kalis. Bentuk bulan, sedikit dipipihkan menyerupai bentuk biji salak.
2. Rebus air putih sampai mendidih. Masukkan adonan biji salak yang sudah dibentuk menyerupai biji salak yang sebenarnya, rebus sampai matang (tandanya adonan akan mengapung setelah matang), angkat, tiriskan. Biji salak siap diolah menjadi kolak. Ini referensinya: resep kolak biji salak dari ubi enak dan resep kolak biji salak pelangi menggoda selera.

Biji salak ini mudah untuk diaplikasikan. Selain itu, bahan dan peralatan yang digunakan juga mudah didapat. Selain dibuat kolak, biji salak seperti juga sudah sangat enak bila dinikmati dengan kuah atau saus santan. Cara membuat saus santan ada pada resep bubur kacang hijau spesial lezat.
loading...

Subscribe to receive free email updates: