Resep Es Manisan Carica Buah Khas Pegunungan Dieng


loading...
Kalau pergi ke Pegunungan Dieng, pasti Anda akan dengan mudah menemukan penduduk setempat yang menjual manisan carica. Buah carika adalah buah yang, setahu saya, hanya dibudidayakan di kawasan setempat. Bentuknya mirip pepaya, tapi ukurannya mini. Selain itu, daging buahnya juga keras, tidak seempuk buah pepaya kalau sudah matang. Tapi teksturnya unik, sedikit bertekstur. Jadi, buah ini sangat cocok bila diolah menjadi manisan.

Nah, pada kesempatan ini saya akan berbagi resep es manisan carika buah khas Kawasan Pegunungan Dieng. Tapi, Anda harus ekstra hati-hati ketika mengupas buah ini. Soalnya, carika menyimpan banyak getah. Sekedar saran, gunakan sarung tangan plastik atau karet ketika mengupasnya.


Bahan:
1. 2 kilogram buah carica yang sudah masak, kupas, potong-potong. Cumi sampai bersih dengan air mengalir.
2. 1 kilogram gula pasir.
3. 4 liter air putih.
4. Larutan kapur lenjet secukupnya untuk menghilangkan getah carica yang masih tersisa.
5. Es batu secukupnya, dipecah-pecah.

Cara membuat:
1. Rendam daging buah carica yang sudah dipotong-potong ke dalam larutan kapur lenjet selama 15 menit. Cuci hingga bersih dengan air mengalir.
2. Rebus air putih bersama daging buah carica sampai teksturnya menjadi empuk, kecilkan api kompornya.
3. Tambahkan gula pasir, aduk sampai larut, angkat, dinginkan.
4. Masukkan pecahan es batu ke dalam gelas saji. Tuangkan manisan buah carica, es manisan carica buah khas Pegunungan Dieng siap dihidangkan. Sisanya, bisa disimpan di dalam kulkas. Manisan ini dapat disimpan dalam jangka wantu lebih dari 1 bulan.

Selain es manisan carica, masih ada aneka resep minuman lain yang segar. Oleh sebab itu, wajib juga dicoba. Di antaranya;
loading...

Subscribe to receive free email updates: