Mukjizat Berzikir (Tasbih Tahmid dan Takbir)


loading...
Berzikir adalah memuji keangungan serta kebesaran Allah dengan kalimat tasbih, tahmid, dan takbir. Tiga kalimat tersebut memiliki mukjizat yang berpengaruh positif bagi kehidupan manusia, baik di dunia maupun di akhirat kelak.


Tak ayal bila berzikir setelah shalat sangat dianjurkan. Bahkan, Nabi Muhammad SAW menyunahkan amalan tersebut.


Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Damiri, dan Malik, suatu hari Nabi Muhammad pernah berwasiat, "Barangsiapa bertasbih sebanyak tiga puluh tiga kali, bertakbir tiga puluh tiga kali, dan bertahmid tiga puluh tiga kali, kemudian mengucapkan: Laa ilaaha illa Allah wahdahu laa syarikalah lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ’ala kulli sya’in qadir, setiap selesai shalat, maka akan diampuni dosanya meski sebanyak buih di lautan.”


Adapun bacaan tasbih adalah subhanallah, artinya maha suci Allah. Kalimat tahmid adalah walhamdulillah, maksudnya dan segala puji kepunyaan Allah. Sedangkan kalimat takbir adalah Allahhuakbar yang berarti Allah maha besar.


Anjuran berzikir diperkuat Allah dalam Al-Quran nul Karim pada Surah Al-Ahzaab ayat 41-42, ”Hai orang-orang yang beriman! berzikirlah (mengingat) kepada Allah dengan zikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang.”


Itulah sedikit dari begitu banyak mukjizat berzikir (tasbih, tahmid, dan takbir).
loading...

Subscribe to receive free email updates: