Tips Mengawetkan Makanan Dengan Cara Sehat Part 2


loading...
Selain yang telah dibahas pada tips mengawet makanan dengan cara sehat part 1, masih ada satu cara lagi yang dapat Anda gunakan untuk mengawetkan makanan. Yang penting, cara ini tergolong sehat. Dan, dapat dipastikan tidak memberikan efek samping yang merugikan buat kesehatan.

Banyak jenis makanan yang dapat diawetkan dengan cara berikut ini. Mulai dari cemilan yang bertekstur crispy hingga makanan basah. Adapun makanan yang bertekstur crispy, seperti cheese stik, wafer, egg roll dan aneka keripik (keripik singkong, keripik ubi, keripik kentang, keripik tahu atau keripik tempe). Sedangkan makanan basah, seperti, kue arem-arem, kue lemper, brownies, kue keju dan sebagainya.

Cara yang harus Anda lakukan juga sangat sederhana. Tidak perlu menggunakan alat bantu atau alat yang lain. Dan, yang lebih menguntungkan tips mengawetkan makanan dengan cara sehat part 2 ini juga dapat mengembalikan kerenyahan camilan. Misalnya, bila keripik yang Anda punya sudah tidak renyah lagi, Anda cukup menerapkan tips ini, maka dalam beberapa lama, keripik tersebut akan renyah kembali seperti sedia kala. Tentunya, Anda tak perlu menggoreng kembali untuk mengembalikan kerenyahannya. Cara seperti ini pastinya sangat menguntungkan karena lebih sehat dan lebih hemat.


Adapun tips mengawetkan makanan dengan cara sehat pada bagian kedua ini adalah sebagai berikut:

 

*    Simpan makanan Anda di dalam kulkas atau lemari pendingin

Menyimpan makanan di kulkas sudah terbukti dapat mengawetkan semua bahan makanan. Tak heran, bila banyak orang yang memasukkan jenis makanan apa saja ke dalam mesin ini. Pasalnya, suhu udara yang rendah (antara 0 derajat celcius sampai 5 derajat celcius atau lebih rendah daripada itu) dapat mengawetkan segala jenis makanan. Namun, yang harus diperhatikan adalah suhu makanan ketika disimpan di dalam kulkas. Disarankan, tidak menyimpan makanan bila masih dalam kondisi hangat apalagi masih panas. Dinginkan makanan yang ingin disimpan di dalam kulkas terlebih dahulu hingga suhunya mencapai batas normal (suhu ruangan).


Untuk mendinginkan makanan panas, tentunya sangat mudah. Anda cukup mengangin-anginkannya di ruangan. Dengan begitu, suhu makanan yang tadinya panas akan turun dan menyesuaikan dengan suhu ruangan sekitar. Ingat, jangan menyimpan makanan yang masih dalam kondisi hangat atau panas di dalam kulkas. Sebab, dapat mengganggu kinerja mesin pada kulkas atau lemari pendingin.
loading...

Subscribe to receive free email updates: