Tips Masak Buat Mencegah Diabetes Part 4


loading...
Diabetes adalah suatu penyakit dapat diderita oleh siapa saja. Apalagai, buat meraka yang keturunannya pernah mengalami gangguan diabetes. Sebab, kemungkinan keturunan penderita diabetes untuk terkena gangguan diabetes lebih tinggi ketimbang orang yang tidak memiliki keturunan menderita diabetes. Penyakit ini juga tidak pandang usia. Beberapa kasus diabetes ditemukan pada usia remaja. Artinya, upaya pencegahan harus dilakukan sejak dini, bukan menunggu bila usia sudah mencapai di atas 30 tahun.

Celakanya, hampir semua makanan manis berisiko mengakibatkan diabetes. Khususnya, makanan yang menggunakan gula pasir atau gula halus sebagai salah satu bahan bakunya. Cara yang praktis dan paling gampang adalah dengan menghindari semua makanan tersebut. Maksudnya, tidak mengonsumsi dalam jumlah berlebihan. Sesekali mengonsumsi makanan manis berbahan gula pasir atau gula halus juga dibutuhkan oleh tubuh. Tapi, bila hampir setiap hari, itu yang akan membuat celaka.

Lalu, bagaimana kalau hampir semua makanan yang ada di sekeling kita mengandung gula pasir? Sebelum pertanyaan ini dijawab, redaksi akan memberikan beberapa bukti resep masakan yang sepintas tidak membutuhkan gula pasir, tapi nyatanya menggunakan gula pasir.  Memang jumlah gula pasir yang digunakan tidak selalu banyak. Tapi, bila dikonsumsi setiap hari, tetap saja membuat risiko terjadinya gangguan diabetes menjadi begitu tinggi. Perlu diketahui bahwa pemakaian gula pasir pada sejumlah resep masakan tersebut hanya difungsikan sebagai bahan penyedap rasa alami, ketimbang harus menggunakan monosodium glutamate (MSG) yang memiliki risiko buruk yang lebih besar buat kesehatan tubuh. Intinya, gula pasir tetap aman untuk dikonsumsi selama tidak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Apalagi baut Anda yang sudah memiliki riwayat penyakit diabetes.

Jawaban yang tepat untk pertanyaan, "Bagaimana kalau hampir semua makanan yang ada di sekeliling kita mengandung gula pasir?" mengganti dengan bahan pemanis alami yang menyehatkan. Bahan-bahan alami yang lebih menyehatkan dan tidak memicu munculnya gangguan diabetes, di antaranya, sudah dijelaskan pada tips masak buat mencegah diabetes part 1, part 2 dan part 3.

Nah, ini adalah bagian keempat dari tips masak buat mencegah diabetes. Bahan pemanis alami yang dapat digunakan sebagai pengganti gula untuk mengurangi risiko munculnya gangguan diabetes adalah sebagai berikut:


*   Wortel

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa wortel memiliki cita rasa yang manis. Cita rasa itu dapat digunakan sebagai bahan pengganti gula pasir pada setiap masakan atau bahkan minuman. Caranya adalah dengan mengambil sari wortel. Parut wertel segar yang sudah didapat hingga halus. Kemudaian, diperas, saring sarinya yang dalam bentuk cair, simpan, gunakan untuk setiap jenis masakan yang Anda buat. Ini merupakan cara yang relatif mudah untuk ditempuh sebagai upaya menekan risiko munculnya gangguan diabetes. Anda bisa menggunakannya sebagai bahan pengganti gula atau mengurangi jumlah gula pasir yang seharusnya digunakan saat membuat berbagai masakan.


Sebenarnya, tidak hanya wortel yang dapat digunakan. Pada prinsipnya, semua jenis sayuran yang memiliki cita rasa manis juga dapat dipakai.
loading...

Subscribe to receive free email updates: