Tips Masak Buat Mencegah Diabetes Part 2


loading...
Pada kesempatan ini Anda sudah sampai pada trik masak buat mencegah diabetes bagian kedua. Pertanyaan selanjutnya, Apakah Anda sudah menguasai tips masak buat mencegah diabetes part 1? Bila belum silakan kuasai terlebih dahulu. Pasalnya, ada beberapa masakan yang cocok dimasak menggunakan tips yang pertama, tapi belum tentu cocok dimasak dengan menerapkan tips yang kedua. Misalnya, resep tumis tahu cabai kering dan resep pisang epe saus durian. Resep yang pertama disebut mungkin cocok menggunakan tips pertama. Namun, tidak tepat bila menggunakan tips yang kedua. Begitu juga sebaliknya.

Seperti yang telah disinggung pada tips masak buat menjegah diabetes bagian pertama bahwa hampir semua masakan sedikit banyak menggunakan gula, baik digunakan sebagai pemicu rasa manis, maupun sekadar memberikan rasa gurih pada masakan. Pasalnya, selain memberikan efek manis pada masakan, gula pasir yang dipadukan dengan bumbu dasar lainnya dapat memberikan rasa gurih pada masakan (tengok penjelasannya pada tips masak tanpa MSG pasti sehat dan halal).

Yang jadi masalah, gula pasir tak selalu aman untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki riwayat gangguan diabetes. Meskipun bahan ini sangat berisiko bagi penderita gangguan diabetes, namun tak selalu aman buat meraka yang sebelumnya belum pernah mengalami gangguan diabetes. Pasalnya, mengontrol apa yang dikonsumsi bukan perkara mudah. Umumnya, orang lebih menuruti nafsu untuk menyantap semua makanan yang disukai. Wajar, pasalnya itu adalah bagian dari perilaku dasar manusia.

Sadar dengan perilaku dasar manusia yang seperti itu, ada baiknya jika lebih berhati-hati mengonsumsi makanan apa saja yang ada dihadapan kita. Salah satunya adalah dengan menerapkan tips masak buat mencegah diabetes. Inti dari tips ini adalah mengganti gula dengan bahan alami yang tidak berisiko mengakibatkan gangguan diabetes.


Berikut ini adalah bahan pengganti gula yang ada pada tips masak buat mencegah diabetes part 2:

*   Gula Merah (Aren)

Seperti yang telah diketahui, gula merah (aren) memiliki rasa manis yang cukup kuat. Bahkan, rasa manisnya tak kalah dengan gula pasir. Kabar baiknya, gula merah tidak mengakibatkan munculnya risiko gangguan diabetes. Anda bisa menggunakan bahan ini sebagai pengganti gula pasir untuk menciptakan rasa manis pada sebuah makanan atau minuman maupun memunculkan rasa gurih pada setiap masakan. Pasalnya, bahan ini juga dapat dijadikan sebagai bahan pemicu rasa gurih pengganti monosodium glutamate atau yang lebih familier disebut MSG.


Nah, itulah salah satu bahan dari beberapa bahan yang dapat dimanfaatkan sebagai tips masak buat mencegah diabetes bagian kedua. Bahan yang lain akan dijelaskan pada tips masak buat mencegah diabetes part 3.
loading...

Subscribe to receive free email updates: