Resep Ayam Kukus Sederhana Sehat Menggoda Selera


loading...
Ini adalah resep yang sederhana. Kenapa? Karena bumbu yang dipakai sangat mudah didapat dan cara membuatnya juga sangat gampang. Yang utama, hidangan kuliner yang dapat disajikan sebagai menu sarapan sehat, makan siang atau makan malam ini sangat lezat, halal, sehat dan pastinya menggoda selera. Namanya adalah ayam kukus. Soal cita rasa, tak kalah dengan resep makanan sehat yang juga berbahana ayam yang sudah pernah dibahas sebelumnya. Seperti, resep risoles isi ayam masak saus tiram serta resep selada ayam praktis dan lezat.

Di samping itu, makanan tersebut juga tergolong halal bila dilihat dari bahan dan bumbu yang digunakan. Ingin mencoba? Silakan simak resep ayam kukus sederhana sehat menggoda selera berikut ini hingga tuntas supaya Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Sebab, selain daftar bahan, Anda harus menguasai cara membuat serta tipsnya.


Bahan yang harus disiapkan untuk membuat atau mengolah resep ayam kukus yang sederhana sehat dan menggoda selera:
1.  0,5 kilogram daging ayam. Bahan ini juga dapat digunakan untuk mengaplikasik resep makanan sehat buat bekal sekolah 8 maupun resep ayam hainan lezat mudah dibuat dijamin halal.
2.  2 sendok teh mentega atau margarin.

Bumbu yang harus digunakan:
1.  0,5 siung bawang bombai, dirajang kasar.
2.  4 sendok teh kecap manis.
3.  4 sendok teh kecap asin. Kecap asin juga wajib digunakan ketika ingin mengaplikasikan resep soun goreng bumbu pedas cabai hijau maupun resep bubur ayam ala chinese food dijamin halal.
4.  4 sendok teh saus tiram.
5.  Garam, gula pasir dan merica bubuk secukupnya.
6.  150 mililiter air kaldu daging ayam.
7.  2 utas daun bawang, dipotong memanjang kemudian dibelah.
8.  4 utas daun seledri, dicincang sampai halus.


Tips:
1.  Setelah dicuci bersih, balur daging ayam dengan air jeruk nipis untuk mengurangi bau amis.
2.  Bila suka rasa pedas, Anda boleh menambahkan beberapa iris cabai rawit atau cabai merah keriting.


Cara memasak atau mengolah resep ayam tim (kukus) bumbu minimalis:
1.  Panaskan air dalam dandang untuk mengukus hingga keluar asap (tanda air sudah mendidih).
2.  Sembari menunggu menguap, balur daging ayam dengan kecap asin, kecap manis, saus tiram, garam, gula pasir dan merica bubuk, letakkan ke dalam wadah anti panas.
3.  Tambahkan semua bahan dan bumbu yang belum digunakan.
4.  Masukkan ke dalam panci pengukus, kukus hingga matang, angkat.
5.  Hidangkan ayam kukus selagi hangat bersama resep minuman rempah yang baik untuk kesehatan atau resep susu kedelai enak aneka rasa.

Jangan kemana-mana dulu. Sebelum mulai menyiapkan bahan dan bumbu untuk membuat ayam kukus, penting kiranya Anda tahu bahwa masih banyak aneka masakan sehat dan halal yang bisa dibuat dari ayam. Seperti;

Resep masakan ini sudah cukup enak dihidangkan dengan nasi putih. Apalagi kalau ditambah dengan resep es jus kurma original segar menyehatkan. Resep ayam kukus sederhana sehat menggoda selera ini setara buat 3 porsi atau lebih.
loading...

Subscribe to receive free email updates: