Resep Sup Jagung Sehat untuk Ibu Hamil


loading...
Siapa yang menyangka kalau jagung yang murah meriah itu sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Dikutip dari DokterSehat (13/1/2016), jagung mengandung aneka vitamin dan mineral yang baik untuk ibu hamil. Kabar baiknya, cara membuat sup jagung sangat mudah.

Vitamin B komplek, magnesium, mangan, zat besi, tembaga, dan selenium, yang semuanya terkandung di dalam jagung, misalnya. Kesemuanya memberikan kebutuhan nutrisi yang cukup ketika masa kehamilan. Selain itu, manfaat jagung untuk ibu hamil juga berdampak pada kestabilan plasenta. 

Manfaat jagung untuk ibu hamil memang banyak. Oleh sebab itu, para ahli sangat menganjurkan ibu hamil untuk mengonsumsi makanan sehat untuk menjaga kesehatan tubuh selama masa kehamilannya. Salah satu resep makanan sehat yang dapat dikonsumsi selama masa kehamilan adalah sup jagung.


Selain untuk ibu hami, manfaat jagung untuk diet juga banyak. Pasalnya, kadar gula yang terdapat pada jagung cukup rendah. Sup jagung ini paling cocok dijadikan sebagai menu makan siang. Berikut penjelasan cara membuat menu masakan sehat bernama sup jagung untuk ibu hamil.


Bahan untuk membuat sup jagung:
1. 2 buah jagung manis yang sudah direbus, dipipil.
2. 100 gram fillet daging ayam, potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera.
3. 1,5 air kaldu.
4. 1 buah wortel, potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera.
5. 2 buah kentang, potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera.
6. Minyak sayur secukupnya untuk menumis.

Bumbu sup jagung:
1. 5 siung bawang putih, dicincang kasar.
2. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk.
3. 0,125 sendok teh kecap asin.

Pelengkap:
1. 1 utas daun bawang, iris tipis.
2. 1 utas seledri, petik dunnya saja.


Cara membuat sup jagung sehat untuk ibu hamil:
1. Panaskan minyak sayur untuk menumis. Tumis bawang putih sampai harum. Masukkan daging ayam, tumis sampai berubah warna.
2. Tuangkan air putih dan masukkan wortel serta kentang, rebus sampai matang.
3. Tambahkan jagung manis, daun bawang, garam, gula pasir, lada putih bubuk, dan kecap asin, aduk sampai tercampur rata, angkat.
4. Susun di wadah saji, tambahkan daun seledri, sup jagung yang sehat untuk ibu hamil sudah siap dihidangkan bersama resep jus apel sehat untuk ibu hamil atau resep jus jeruk penting untuk ibu hamil.

Resep sup jagung sehat untuk ibu hamil ini sangat berkhasiat bila dikombinasikan dengan memperbanyak mengonsumsi buah dan sayur selama masa kehamilan.

Sumber:
  • http://doktersehat.com/5-manfaat-jagung-untuk-nutrisi-ibu-hamil/
loading...

Subscribe to receive free email updates: