Resep Kolak Labu Kuning Kolang-kaling Enak & Praktis


loading...
Resep kolak labu kuning kolang-kaling ini selain enak juga praktis dalam pembuatannya. Bagaimana tidak? Anda tinggal memasukkan semua bahan dan pelengkap yang sudah disiapkan. Hanya dengan menerapkan teknik memasak sesederhana itu saja, Anda sudah bisa mendapatkan sebuah hidangan tradisional yang enak dan menggoyang lidah. Tak ayal bila, kolak semacam ini sering dicari di sore hari. Apalagi kalau pas waktu Bulan Puasa, dijamin kolak labu kuning kolang-kaling ini bakal selalu mengisi daftar menu berbuka puasa.

Yang perlu diperhatikan, Anda harus mendapatkan jenis labu kuning dan kolang-kaling yang terbaik, supaya hasilnya enak. Soal santannya, selain menggunakan santan segar yang diperas dari kelapa parut, Anda juga bisa memanfaatkan santan instan. Bahan yang disebut terakhir itu, akan lebih memudahkan Anda ketika mengaplikasikan resep kolak labu kuning kolang-kaling itu. Sebab, Anda tak perlu repot-repot lagi memeras santan. Tapi, soal originalitas citarasanya, penggunaan santan segar yang diperas secara langsung dari kelapa parut tetap yang direkomendasikan.


Bahan untuk membuat kolak labu kuning kolang-kaling enak & praktis:
1. 450 gram labu kuning, potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera.
2. 350 gram kolang-kaling, masing-masing dibelah menjadi 2 bagian atau biarkan utuh.
3. 2 liter air putih.
4. 500 mililiter santan kental yang dibuat dari kelapa parut.

Pelengkap:
1. 450 gram gula pasir.
2. 50 gram gula merah yang sudah disisir.
3. 0,25 sendok teh vanili bubuk.
4. 0,5 sendok teh garam.


Cara membuat kolak labu kuning kolang-kaling enak & praktis:
1. Rebus air putih bersama labu kuning dan vanili bubuk sampai air putih menguap. Tambahkan garam, gula pasir, dan gula merah, masak sampai mendidih, kecilkan api kompornya.
2. Tuangkan santan kental dan masukkan kolang-kaling, masak sambil diaduk perlahan sampai matang dan empuk, angkat. Selama memasak (setelah menuangkan santan), disarankan untuk diaduk perlahan secara terus-menerus supaya tekstur santan tidak pecah.
3. Pindah ke wadah saji, kolak labu kuning kolang-kaling siap dihidangkan.

Resep kolak labu kuning kolang-kaling yang enak dan praktis ini setara buat 8 orang atau lebih.
loading...

Subscribe to receive free email updates: