Resep Kolak Candil dari Ubi Jalar yang Spesial


loading...
Membuat minuman tradisional yang spesial itu memang butuh perjuangan. Kolak candil dari ubi jalar berikut ini, misalnyal. Untuk membuatnya benar-benar memakan waktu yang cukup lama. Bayangkan saja, kita harus membuat adonan candil terlebih dahulu. Setelah itu, adonan candil yang terbuat dari ubi jalar dan tepung sagu itu harus dibulat-bulatkan terlebih dahulu sebelum direbus hingga matang.

Usai membuatnya, tahap selanjutnya baru membuat kolak. Bahan dasarnya adalah santan dan gula pasir. Agar, aromanya harum, Anda bisa menambahkan daun pandan. Tapi, kalau kesulitan mendapatkan daun pandan, Anda bisa menggantinya dengan vanili bubuk.

Tapi, rasa capai itu seakan terbayar lunas setelah mencicipi kolak candil di ubi jalar yang spesial ini. Aromanya begitu menggoda selera. Rasa manis dan gurih membuat siapa saja jadi ketagihan. Tak ayal bila kolak candil dari ubi jalar yang spesial ini selalu dijadikan sebagai hidangan utama untuk berbuka puasa.


Bahan untuk membuat kolak candil dari ubi jalar yang spesial:
1. Candil secukupnya. Penjelasan selengkapnya ada pada resep cara membuat candil ubi (jalar, merah, atau ungu).
2. 6 liter santan yang dibuat dari 4 butir kelapa.
3. Larutan tepung sagu yang dibuat dari 2 sendok teh tepung sagu dan 2 sendok makan air putih.

Pelengkap:
1. 950 gram gula pasir.
2. 2 sendok teh garam.
3. 8 lembar daun pandan, disimpul.


Cara membuat kolak candi dari ubi jalar yang spesial:
1. Setelah selesai membuat candil, rebus santan bersama daun pandan sampai menguap.
2. Tambahkan gula pasir dan garam, masak sambil diaduk sampai larut dan mendidih. Selama proses memasak santan, harus diaduk selahan supaya tekstur santan tidak pecah.
3. Tambahkan larutan tepung sagu, aduk sampai mengental.
4. Masukkan candil, aduk rata.
5. Pindah ke wadah saji, kolak candil dari ubi jalar yang spesial siap dihidangkan. Simak juga resep kolak labu kuning kolang kaling enak & prakis serta resep kolak labu kuning & ubi ungu menggoda selera.

Bila tidak menginginkan kuah yang kental, Anda tinggal menyingkirkan larutan tepung sagu pada daftar resep kolak candil dari ubi jalar yang spesial.
loading...

Subscribe to receive free email updates: