Resep Bebek Bakar Bumbu Kalasan Top Enaknya


loading...
Kalasan merupakan salah satu bumbu dari resep makanan tradisional yang menonjolkan cita rasa manis dan gurih. Selain itu, bumbu tersebut juga menawarkan rasa khas rempah asli Indonesia.

Bahan makanan yang dibumbui seperti ini sangat cocok bila dimasak dengan teknik bakar atau panggang. Karamel yang tercipta dari proses pembakaran itu yang menambah khas rasa dari bebek bakar kalasan. Top pokoknya rasa enaknya.


Bahan untuk membuat bebek bakar kalasan yang top enaknya:
1. 1 ekor bebek, setelah dibersihkan, potong dengan ukuran sesuai kebutuhan. Jenis bebek yang digunakan adalah bebek yang masih setengah tua. Bila dimasak, daging dari serat bebek ini tidak terlalu liat. Hal ini juga disarankan ketika Anda ingin mengaplikasikan resep bebek masak rica-rica cabai hijau.
2. 600 mililiter air kelapa. Kalau kesulitan mendapatkannya, Anda bisa menggantinya dengan air putih biasa.

Bumbu untuk membuat bebek bakar kalasan:
1. 8 siung bawang putih, dihaluskan.
2. Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk.
3. 2 lembar daun salam.
4. Lengkuas seukuran 2 sentimeter, dimemarkan.
5. 1 sendok makan larutan air asam.
6. 1 sendok makan gula merah yang sudah digerus.


Cara membuat bebek bakar kalasan yang top enaknya:
1. Rebus air kelapa bersama bawang putih, daun salam, dan lengkuas sampai menguap. Masukkan potongan bebek, rebus sampai mendidih.
2. Tambahkan semua bumbu yang belum digunakan, masak sambil sesekali dibolak-balik sampai daging bebek matang dan empuk serta bumbu meresap, angkat, tiriskan.
3. Siapkan alat untuk memanggang, panggang bebek sambil dibolak-balik sampai berubah warna menjadi lebih gelap, angkat.
4. Susun di wadah saji, bebek bakar kalasan siap dinikmati bersama resep sambal terasi mentah sedap atau sambal ulek (cara membuatnya ada pada resep nasi lemak spesial sambal ulek dan sambal terasi).

Resep bebek bakar kalasan top enaknya ini setara buat 4 porsi.
loading...

Subscribe to receive free email updates: