Resep Kolak Biji Salak dari Ubi Enak


loading...
Selain dari tepung beras ketan (tengok resep cara membuat biji salak dari tepung beras ketan), ubi merah juga bisa digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat biji salak.

Tidak hanya dinikmati begitu saja, tapi makanan yang bentuknya menyerupai biji salak ini juga umum dibuat kolak. Tentu saja rasanya enak. Teksturnya legit dan terasa sedikit manis. 

Resep kolak biji salak dari ubi enak ini mudah untuk diaplikasikan. Paling cocok dihidangkan di sore hari. Bila Bulan Ramadhan atau Bulan Puasa, makanan tradisional ini sering dijadikan sebagai salah satu menu untuk takjil.


Bahan untuk membuat kolak biji salak dari ubi enak:
2. 300 mililiter santan kental yang dibuat dari 0,5 butir kelapa.
3. Larutan tepung sagu yang dibuat dari 1 sendok teh tepung sagu dan 1 sendok teh air putih.
4. 100 gram gula merah yang sudah disisir.
5. 2 lembar daun pandan, disimpul.
6. 2 sendok makan gula pasir.

Bahan untuk membuat saus santan:
1. 200 mililier santan kental yang dibuat dari 0,5 butir kelapa.
2. 0,5 sendok teh garam.
3. 1 lembar daun pandan, disimpul.


Cara membuat kolak biji salak dari ubi enak:
1. Rebus 200 mililiter santan untuk membuat saus santan. Tambahkan daun padan dan garam, masak sambil diaduk perlahan sampai mendidih, angkat, sisihkan.
2. Rebus 300 mililiter santan bersama gula merah, daun pandan, dan gula pasir, masak sambil diaduk sampai mendidih, kecilkan api kompornya. Tambahkan tepung sagu, aduk sampai mengental dan meletup-letup, angkat.
3. Susun biji salak yang sudah jadi di wadah saji, siram dengan rebusan gula merah dan saus satan, kolak biji salak dari ubi enak siap dihidangkan. Simak juga resep kolak biji salak pelangi menggoda selera serta resep kolak candil spesial.

Resep kolak biji salak dari ubi enak ini sangat cocok dihidangkan bersama resep tahu goreng tepung isi rebung atau resep serabi keju (makanan enak sehat & halal).
loading...

Subscribe to receive free email updates: