Aneka Makanan Pendamping (Bebahan Kentang) ASI untuk Bayi 6 Bulan


loading...
Usia bayi atau buah hati 0 sampai 5 tahun adalah masa penentuan tumbuh kembang. Rentang masa ini kerap disebut windows period. Apa yang mereka konsumsi sangat menentukan tumbuh kembang mereka pada masa yang akan datang. Oleh sebab itu, kita harus memberikan asupan makanan bernutrisi seimbang, selain memberikan air susu ibu (ASI) selama 0 sampai 2 tahun. Nah, pada kesempatan ini Area Halal akan berbagi aneka resep makanan pendamping ASI. Khususnya, aneka makanan pendamping ASI berbahan kentang.

1. Steam (Tim) kentang

Cara membuat (steam) tim kentang sangat mudah. Hanya saja, Anda harus meluangkan sedikit waktu untuk mengukus kentang. Sebab, teknik memasak ini cukup lama (lebih kurang membutuhkan waktu selama 30 menit atau lebih).

Kukus 5 buah kentang (setara 250 gram) sampai matang. Setelah itu, kupas kulitnya, potong-potong. Taburkan sedikit garam untuk memberikan rasa, tumbuk sampai teksturnya benar-benar halus supaya mudah dicerna oleh buah hati. Kentang yang kaya kandungan karbohidrat rendah gula ini akan memberikan efek kenyang. Tentunya, tim kentang ini cocok dijadikan sebagai pendamping ASI.

2. Steam (Tim) Kentang Susu

Cara membuat steam (tim) kentang susu juga semudah resep makanan pendamping ASI untuk bayi usia 4 bulan yang sudah disinggung sebelumnya. Bedanya, setelah kentang dihaluskan, tambahkan susu cair secukupnya. Bunda bisa menggunakan ASI atau susu formula yang biasa buah hati bunda konsumsi setiap hari.

3. Kentang wortel kukus

Biasakan buah hati bunda untuk mengonsumsi aneka sayuran sejak dini. Sebagai tahap pengenalan, wortel adalah salah satu jenis sayuran yang paling disarankan untuk dikonsumsikan kepada buah hati bunda. Alasannya, selain kaya akan nutrisi, wortel memiliki rasa yang sedikit manis, sehingga indra perasa bayi bunda mudah untuk menyesuaikannya. Cara membuatnya tentu saja sama dengan aneka makanan pendamping asin berbahan kentang yang sudah dibahas sebelumnya. Kentang dan wortel dikukus bersamaan sampai matang. Kemudian, ditumbuk sampai lunak.


Nah, diharapkan ketiga makanan pendamping ASI berbahan kentang itu dapat memberikan inspirasi buah bunda yang kini tengah memimiliki balita usia 6 bulan. Bunda bisa membuat penganekaragaman bahan makanan untuk bayi yang menggunakan kentang sebagai bahan utamanya dengan aneka sayuran, daging, atau buah.

Aneka hidangan lain, bisa bunda lihat pada resep makanan buat bayi (4-6 bulan) part 1. Atau, bunda juga bisa menyimak cara membuat bubur sumsum khusus untuk bayi.
loading...

Subscribe to receive free email updates: