Resep Puding Santan Lapis Gula Merah Sehat


loading...
Resep puding santan lapis gula merah ini menawarkan cita rasa yang manis dan gurih. Anda tentunya bisa membayangkan bagaimana rasa gurih santan dan manisnya gula merah yang khas. Bila kedua rasa tersebut dikecap oleh lidah, pasti terasa begitu istimewa.

Sama istimewanya dengan resep puding susu paling praktis pelancar pencernaan serta resep puding buah naga sehat buat anak tercinta. Di samping itu, gula merah yang ada pada resep makanan sehat ini juga dapat digunakan sebagai memicu sumber energi yang aman untuk kesehatan.

Kabar baiknya, puding santan lapis gula merah yang sehat ini cocok dihidangkan sebagai menu penutup untuk berbahan masakan enak. Seperti, resep kepiting isi istimewa, resep nasi tim (kukus) tumis jamur dan daging spesial, resep rica-rica ayam spesial halal dan lezat, maupun resep ayam kukus pedas enak dan halal.


Resep puding santan lapis gula merah sehat ini tentunya cocok dihidangkan sebagai camilan sehat sekaligus menu petutup. Tektur dan rasanya dapaat menyegarkan mulut.


Bahan untuk membuat puding santan lapis gula merah sehat:
1. 1 bungkus agar-agar warna putih.
2. 100 mililiter santan kental yang dibuat dari 0,25 butir kelapa.
3. 700 mililiter susu segar.
4. 200 gram gula merah yang sudah disisir.
5. 4 lembar daun pandan, disimpul.
6. 8 lembar daun jeruk, singkirkan tulang daunnya.
7. Garam secukupnya.

Bahan pelengkap:
1. 100 gram gula merah yang sudah disisir.
2. 1 lembar daun pandan.

Tips:
1. Susu yang digunakan pada bahan untuk mengaplikasikan resep puding santan lapis gula merah & sehat ini boleh diganti dengan santan encer. Takaran yang dianjurkan sama dengan takaran air putih yang ada pada daftar bahan.
2. Anda dapat membuat bentuk akhir sesuai selera.


Cara membuat puding santan lapis gula merah & sehat:
1. Rebus susu segar bersama 200 gram gula merah, daun pandan, daun jeruk, garam, masak sambil diaduk perlahan sampai menguap.
2. Tuangkan santan kental, masak kembali sembari diaduk perlahan sampai mendidih, matikan api kompornya.
3. Tuang di wadah cetakan, sisihkan 200 mililiter.
4. Rebus 200 mililiter agar-agar yang tadi sudah dimasak bersama 100 gram gula merah yang sudah disisir dan daun pandan, aduk sampai larut, matikan api kompornya.
4. Tuang di bagian atas (sebagai lapisan), diamkan hingga suhunya menjadi normal.
5. Simpan di dalam kulkas sampai dingin dan mengeras, kelurakan.
6. Keluarkan dari cetakan, potong dengan ukuran dan bentuk sesuai selera, puding santan lapis gula merah yang sehat ini siap dihidangkan. Pertimbangkan juga untuk mencoba resep agar-agar (puding) santan pandan serta resep puding melon spesial. Kedua puding tersebut juga cocok dihidangkan sebagai menu penutup setelah menyantap resep makaroni kuku keju enak dan sehat, resep bubur ikan halal & sehat, resep pepes tahu sunda plus daging cincang daun kemangi, atau resep ayam goreng madu tabur wijen sangrai.

Adapun resep puding santan lapis gula merah sehat ini setara buat 4 porsi.
loading...

Subscribe to receive free email updates: