Resep Makanan Sehat dan Bergizi untuk Anak Balita 2


loading...
Seperti yang sudah disebutkan pada resep makanan sehat dan bergizi untuk anak balita 1 (bagian pertama), ada berjuta produk jadi berbentuk makanan sehat untuk bauh hati. Tapi, kalau bisa membuat sendiri, kenapa tidak dilakukan. Selain lebih dapat memastikan aspek kesehatannya, tentu saja bunda bisa berkreasi dengan aneka bahan yang disuka oleh si buah hati. Selain itu, pastinya ada kepuasan tersendiri bila bunda dapat membuatkan makanan sehat secara khusus buat mereka. Apalagi, kalau mereka suka. Rasa senang dalam hati pasti bakal bertambah.

Nah, pada resep makanan sehat dan bergizi untuk anak balita 2 (bagian kedua) ini, akan dibahas salah satu dari segudang bahan makanan sehat yang sangat dibutuhkan anak berusia balita (di bawah lima tahun). Tak perlu bahan makanan yang berharga mahal. Pasalnya, ada juga beberapa bahan makanan mudah yang dapat dimanfaatkan. Salah satunya adalah ubi jalar.

Jangan keburu meremehkan bahan makanan tersebut. Meskipun harganya relatif murah, tapi ada banyak kandungan gizi yang terdapat pada ubi jalar. Diyakini, ubi jalar memiliki zat antioksidan (beta karoten) yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, ubi jalar juga memiliki banyak nutrisi lain yang bermanfaat buat tubuh. Misalnya, vitamin C, zat serat, dan kalium.

Resep makanan sehat dan bergizi untuk anak balita 2 ini cukup mudah untuk diaplikasikan. Bahan yang digunakan juga mudah didapat.


Bahan untuk membuat makanan sehat dan bergizi untuk balita 2:
1. 300 gram ubi jalar.
2. 100 gram keju cheddar, diparut.
3. 1 butir telur ayam, gunakan bagian putih telurnya saja.
4. 1 sendok makan tepung terigu.
5. Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng.

Bumbu:
1. Gula halus secukupnya.
2. 0,125 sendok teh garam.

Bahan pelengkap:
1. 1 butir telur ayam, kocok lepas.
2. 100 gram keju cheddar, diparut untuk taburan.


Tips:
1. Selain telur ayam, Anda juga bisa menggunakan telur bebek.
2. Sengaja tidak disebutkan secara pasti takaran gula halus. Hal itu dilakukan karena tingkat manis yang akan diberikan oleh tiap bunda pada makan ini buat buah hati pasti relatif tidak sama.


Cara membuat makanan sehat dan bergizi untuk anak balita 2:
1. Kupas ubi jalar, kemudian dipotong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera, cuci dengan air mengalir hingga bersih.
2. Kukus ubi jalar tersebut hingga lunak dan matang, angkat, diamkan hingga suhunya menjadi hangat.
3. Setelah suhunya hangat, haluskan ubi jalar hingga lembut.
4. Tambahkan putih telur, gula pasir dan garam, aduk sampai tercampur rata.
5. Masukkan putih telur, aduk sampai menjadi adonan yang dapat dibentuk.
6. Ambil adonan, pipihkan, isi dengan keju cheddar, tutup dengan dibentuk bulat atau sesuai selera. Lakukan langkah ini hingga adonan habis.
7. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
8. Celupkan ke dalam telur kocok, masukkan ke dalam minyak sayur panas, goreng sambil dibolak-balik sampai matang, angkat, tiriskan.
9. Pindah ke wadah saji, taburkan keju cheddar, makanan sehat dan bergizi untuk anak balita 2 siap dihidangkan. Simak juga resep cookies cokelat camilan sehat atau resep kue lidah kucing spesial Lebaran untuk memperluas inspirasi mengenai aneka resep kuliner. Atau, menyimak resep makanan sehat dan bergizi untuk anak balita 3 serta resep makanan sehat dan bergizi untuk anak balita 4.

Adapun resep makanan sehat dan bergizi untuk anak balita 2 ini cukup untuk 4 orang.
loading...

Subscribe to receive free email updates: