Resep Smoothies untuk Anak dan Balita


loading...
Smoothies adalah salah satu aneka minuman sehat yang sangat cocok untuk anak pada umumnya serta anak berusia di bawah lima tahun (balita) pada khususnya. Mereka bakal suka dengan miniman sehat ini karena umumnya dihidangkan dalam kondisi dingin.

Selain itu, rasanya juga cukup menggoda selera. Pasalnya, ada aneka buah yang digunakan. Adapun untuk resep smoothies kali ini menggunakan dua jenis buah. Yaitu, buah pisang dan buah strawberry. Tentunya, hampir semua anak-anak memfavoritkan kedua jenis buah tersebut.

Resep smoothies untuk anak dan balita menggunakan aneka bahan berupa buah-buahan dan susu. Buah-buahan mengandung aneka vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Begitu juga dengan susu. Susu juga mengandung protein yang sangat dibutuhkan untuk menunjang kesehatan tubuh.


Smoothies ini juga dapat dijadikan sebagai menu pelengkap. Selain itu, juga dapat digunakan untuk salah satu menu diet sehat. Sebab, minuman ini cukup mengenyangkan. 


Bahan untuk membuat smoothies untuk anak dan balita:
1. 4 buah pisang raja, kupas, kemudian potong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera.
2. 6 buah strawberry, bersihkan dengan air mengalir, kemudian masing-masing dibelah menjadi 2 bagian.
3. 800 mililiter susu segar.
4. Madu secukupnya.

Tips:
1. Tujuan pisang dan strawberry dipotong-potong adalah untuk memudahkan proses melumatkan saat diproses di dalam food processor.
2. Sengaja digunakan madu sebagai pengganti gula supaya lebih sehat.
3. Bila dikonsumsikan untuk anak usia di bawah 2 tahun, tidak disarankan dihidangkan dalam kondisi dingin.
4.  Resep minuman menyehatkan ini juga dapat disimpan untuk dalam jangka waktu yang cukup lama. Supaya lebih awet dan tetap segar, simpan di dalam kulkas atau lemari pendingin.


Cara membuat smoothies untuk anak dan balita:
1. Masukkan semua bahan yang sudah disiapkan ke dalam food processor, lumatkan sampai mendapatkan tekstur yang lembut.
2. Tuangkan ke wadah saji.
3. Simpan di dalam kulkas sampai suhunya menjadi dingin.
4. Keluarkan smoothies dari kulkas, smoothies untuk anak dan balita siap dihidangkan. Seperti yang sudah disebutkan di awal, minuman sehat ini juga dapat dijadikan sebagai menu pelengkap. Misalnya, dijadikan pelengkap untuk resep masakan non-kolesterol part 1 maupun resep makanan sehat buat diet sepanjang hari.

Adapun resep smoothies untuk anak dan balita ini setara buat 4 porsi atau lebih.
loading...

Subscribe to receive free email updates: