Resep (Pentol) Bakso Sehat dan Halal


loading...
Tak bisa dinafikan, kita sering dibuat was-was oleh pentol bakso yang dijual di pasar maupun di super market. Hal ini berlaku juga buat bakso yang dijual di warung makan yang menawarkan menu tersebut. Rasa was-was itu sering muncul terkait daging yang digunakan (Apa soal halal bisa dijamin). Lalu, juga soal bahan yang dipakai (apakah benar-benar sehat atau aman untuk dikonsumsi, atau malah memakai bahan pengawet?). Salah satu solusi menghilangkan was-was adalah dengan membuat sendiri. Nah, kali ini akan dibahas resep pentol bakso yang sehat dan halal. Adapun jenis daging yang dipakai adalah daging sapi.

Simak resep pentol bakso yang sehat dan halal berbahan utama daging bakso ini hingga tuntas supaya mendapatkan hasil yang memuaskan. Sebab, selain daftar bahan dan cara membuatnya, penting juga mengetahui tipsnya.


Adapun bahan yang harus disiapkan untuk membuat atau mengolah resep pentol bakso yang sehat dan halal berbahan daging sapi adalah sebagai berikut:
1.   250 gram daging sapi khas dalam, digiling hingga halus.
2.   2 siung bawang putih.
3.   2 sendok makan tepung sagu.
4.   Putih telur dari 1 butir telur ayam.
5.   Garam dan merica bubuk secukupnya.
6.   1 utas daun bawang.
7.   1 liter air putih untuk merebus bakso.


Tips membuat atau mengolah resep pentol bakso sehat dan halal:
1.   Gunakan daging sapi tanpa lemak supaya hasilnya memuaskan.
2.   Tanda bakso sudah matang adalah mengambang setelah direbus beberapa lama.


Cara membuat petol bakso sehat dan halal berbahan daging sapi:
1.   Haluskan bawang putih, garam dan daun bawang.
2.   Tambahkan daging sapi yang sudah dihaluskan, putih telur dan merica bubuk, aduk hingga tercampur rata.
3.   Rebus air putih hingga mendidih.
4.   Sembari menunggu air mendidih, campur adonan daging sapi yang tadi telah dicampur bumbu dengan tepung sagu, aduk hingga teksturnya menjadi liat dan dapat dibentuk.
5.   Bentuk adonan menjadi bulatan bakso, masukkan ke dalam air yang telah mendidih, masak sampai matang, angkat dan tiriskan.
6.   Pentol bakso sehat dan halal siap digunakan untuk memasak berbagai menu atau disimpan di kulkas sebagai stok bahan makanan. Pasalnya, bahan makanan ini dapat digunakan untuk mengaplikasikan berbagai resep makanan. Misalnya, resep sayur bening bayam bakso spesial sehat dan halal, resep nasi goreng seafood spesal bakso sehat, serta resep sup ayam sehat segar menggoda selera

Resep (pentol) bakso sehat dan halal yang berbahan daging sapi ini setara buat 4 porsi atau lebih. 
loading...

Subscribe to receive free email updates: