Khasiat Anggur Buat Kesehatan


loading...
Mekipun bentuknya kecil hanya sebesar kelereng, namun buah ini memiliki khasiat yang cukup banyak buat kesehatan. Buah yang dimaksud adalah anggur.

gambar: buah anggur

Selain dikonsumsi secara langsung, banyak juga yang mengolah buah ini dengan cara fermentasi sehingga memiliki kandungan alkohol yang cukup tinggi. Perlu diketahui bahwa, anggur yang memiliki khasiat buat kesehatan, bukan anggur yang diolah dengan cara tersebut.


Adapun khasiat anggur buat kesehatan adalah sebagai berikut: 

1.   Mencehah infeksi 

Perlu diketahui bahwa anggur memiliki zat antioksidan yang dapat berkhasiat sebagai antibakteri dan antivirus. Adapun anggur yang berkhasat sebagai antibakteri dan antivirus adalah jenis anggur merah.

2.   Mencegah dan meredakan penyakit asma 

Anggur terbukti mampu mengurangi gangguan pada pernapasan yang kerap dialami oleh penderita penyakit asma. Gejalanya adalah sesak napas. Nah, kekuatan assimilatory yang dimiliki oleh buah ini mampu meningkatkan kadar H2O dalam paru-paru sehingga dapat memperkecil munculnya gejala berupa sesak untuk bernapas.

3.    Mencegah katarak 

Anggur mempunyai flavonoid yang mengandung banyak antioksidan. Zat antioksidan yang bekerja sangat efektif untuk melawan penyebab munculnya katarak pada mata.

4.   Mencegah tumor pada payudara

Kandungan nutrisi, mineral dan antioksidan pada buah anggur diketahui sangat berkhasiat untuk mencegah penyakit kanker payudara. Pasalnya kandungan zat positif pada anggur mampu mengurangi atau memperkecil masa tumor pada payudara.

5.   Kanker payudara

Penelitian juga menunjukkan bahwa jus anggur yang berwarna ungu membantu dalam mencegah kanker payudara yang secara signifikan mengurangi massa tumor pada payudara. Adapun anggur yang paling manjur untuk mencegah penyakit tersebut adalah anggur yang berwarna ungu.

6.   Pencahar yang ampuh untuk menghilangkan sembelit 

Boleh dibilang bahwa anggur adalah bahan alami atau organik yang paling efektif sebagai pencahar pencernaan. Pasalnya, buah ini mengandung selulosa, gula dan asam oorganik. Sehingga sangat berkhasiat untuk mengatasi masalah sebelit.

7.   Mengurangi risiko terserang gangguan pada jantung 

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian tertinggi. Mengonsumsi anggur secara teratur dapat meningkatkan oksida nitrat di dalam aliran darah sehingga dapat mencegah pembekuan darah yang kerap mengakibatkab munculnya gangguan pada jantung. Sedangkan zat antioksida pada angguar juga berperan untuk menghambat oksidasi kolesterol jahat yang mengakibatkan penghambatan pada pembuluh darah.

8.   Mencegah migrain 

Selain mencegah gangguan jantung, nutrisi dan mineral yang terkandung dalam anggur sangat efektif untuk mencegah penyakit migrain.

9.   Mencegah gangguan pada ginjal 

Nutrisi, mineral dan antioksidan yang terkandung dalam anggur dapat memicu berkurangnya zat asam yang diproduksi oleh ginjal. Pasalnya, asam berlebihan yang diproduksi oleh ginjal malah akan berdampak buruk yang mengakibatkan munculnya gangguan pada organ tersebut.

10.  Mencegah penyakit kolesterol 

Selain daging buahnya, mengomsumsi kulit anggur juga memiliki manfaat yang positif untuk melawan kemungkinan terkena penyakit kolesterol. Pasalnya, saponin pada kulit anggur dapat berperan sebagai spons alami yang mampu menyerap kolesterol jahat pada darah. Di samping itu, zat pterostilbene pada anggur juga mampu menurunkan kuantitas kolesterol jahat pada darah.


Nah, itulah beberapa khasiat anggur buat kesehatan. Anda dapat mengonsumsi buah ini dengan berbagai cara, seperti diolah menjadi berbagai jenis minuman dan makanan.
loading...

Subscribe to receive free email updates: