Ini Manfaat Apel Buat Kesehatan Part 1


loading...
Apel adalah salah satu dari sekian banyak jenis buah yang kaya manfaat. Manfaatnya tidak sebatas buat kesehatan, tapi juga berkhasiat untuk menjaga kecantikan. Buah ini umumnya tumbuh di dataran tinggi. Warna kulit buahnya beragam, antara lain, merah, kuning dan hijau. Sedangkan daging buahnya berwarna putih dan rasanya manis. Beberapa jenis di antaranya memiliki kandungan air yang cukup tinggi.

Dalam 1 buah apel terkandung beragam nutrisi yang bermanfaat buat kesehatan dan kecantikan. Seperti vitamin A, vitamin B, quercetin dan antioksidan. Berikut ini manfaat apel buat kesehatan dan kecantikan.

1.   Mengurangi Berat Badan
Memiliki badan yang gemuk bukan berarti sehat. Hal ini juga berlaku buat anak usia di bawah lima tahun dan anak dalam usia pertumbuhan. Tubuh yang gemuk cenderung rentan terhadap serangan penyakit diabetes dan gangguan pada jantung. Seperti yang diketahui secara umum, buah apel memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Zat serat itu yang berperan dalam program diet. Zat tersebut dapat bekerja sangat efektif di dalam sistem pencernaan untuk menunda rasa lapar. Di samping itu, serat juga efektif untuk memperlancar buang air.

2.   Mencegah Alzheimer
Mungkin Anda baru sekali ini mendengar kata "Alzheimer". Maklum, tidak semua usia berpotensi mengidap penyakit tersebut. Umumnya, orang yang mengalami sakit tersebut adalah di usia lanjut (lebih kurang 65 tahun ke atas) . Pasalnya, penyakit itu sangat dipengaruhi oleh faktor usia. Alzheimer adalah sebuah sindrom yang dialami oleh sel-sel otak sehingga mengakitkan otak terkesan menciut atau mengecil. Nah, kandungan vitamin A dan vitamin B pada buah apel dapat mencega munculnya sindrom tersebut. Mengonsumsi apel secara rutin sejak usia muda tentunya akan memperkecil kemungkinan terserang penyakit tersebut di usia tua.

3.   Mencegah dan Meredakan Gangguan Pernapasan
Ganguan pernapasan bisa disebabkan oleh banyak faktor. Selama ini, polusi udara atau bakteri yang ada pada sistem pernapasan dalam tubuh yang menjadi penyebab utamanya. Gejalanya juga bermacam-macam, seperti sesak napas atau batuk. Orang yanh sering mengonsumsi beragam nutrisi pada buah apel akan lebih tahan terhadap efek negatif dari polusi udara. Sebab, buah apel mengandung antioksidan yang efektif mengurangi dampak buruk dari zat-zat serta bakteri berbaha bagi saluran pernapasan yang ada pada udara yang tercemar. Sehingga, berkorelasi positif untuk mencegah dan meredakan gangguan pernapasan.


Nah, itulah 3 dari sekian banyak khasiat buah tersebut yang telah dijelaskan pada artikel "Ini Manfaat Apel Buat Kesehatan Part 1". Masih ada banyak lagi khasiat buah tersebut yang akan dikupas pada artikel "Ini Manfaat Apel Buat Kesehatan Part 2". Ketahui juga manfaat melon buat kesehatan.
loading...

Subscribe to receive free email updates: